Che Guevara Dalam Komik

Che Guevara Dalam Komik*

Semenjak kuburannya ditemukan tahun 1996 setelah 30 tahun kematiannya, Che Guevara seakan hidup kembali. Sosok Che Guevara, Sang Revolusioner menarik perhatian kalangan anak muda di Indonesia. Dengan wajah berbaret hitam menghiasi poster, kaus, topi, dan aksesori lainnya, Che Guevara menjadi simbol revolusi kaum muda.

Dia memelopori gerakan pembebasan di Amerika Latin. Kawan dekat orang kuat Kuba, Fidel Castro, ini menjadikan revolusi Kuba sebagai inspirasi bagi banyak orang di berbagai benua, terutama di negara-negara ketiga yang rakyatnya miskin, untuk melakukan perubahan besar mencari keadilan. Ia juga berperan dalam industrialisasi dan pembaruan ekonomi Kuba.

Buku-buku mengenai Che Guevara kebanyakan mengupas pemikiran dan pemahamannya tentang sosialisme. Salah satunya adalah buku yang ditulis Sergio Sinay. Kisah Che diceritakan dengan gaya penceritaan yang disebut Magic Realism dan berbentuk komik. Komik ini merupakan bagian dari seri komik tokoh-tokoh kritis yang hadir sebagai bentuk sosialisasi gagasan dalam media gambar. Bentuk komik menjadikan perjalanan kehidupan Che, pemikiran, serta perjuangannya menjadi menarik untuk dibaca.

*(Bip/Tsd/Dew/Rps/ Litbang Kompas). Sumber: Harian KOMPAS – 26 Oktober 2003.

*Rehal buku: Che Untuk Pemula/ Sergio Sinay/ Agung Arif Budiman (ilustrator)/Rony Agung Rahmanto (penyadur)/ INSISTPress, 2003, 2004.