Dian Sastro Membaca Perempuan

Dian Sastro Membaca Perempuan*

“Orang-orang datang dan orang-orang pergi. Juga Dian Sastro pada ingatan kami”

Kartini adalah ikon perempuan Indonesia masa lalu. Dan kini, perempuan Indonesia memiliki Dian Sastrowardoyo. Siapakah Dian Sastro? Tentu saja, ia adalah ikon perempuan muda Indonesia modern:cantik, kaya, pintar dan menggemaskan. Ia adalah sekumpulan mimpi dan fantasi bagi banyak orang, sesuatu yang seolah-olah dan untuk itulah ia menjadi ikon. Ia, sejalan dengan cita-cita Kartini, telah melampaui hakekat para perempuan. Dan kedua ikon ini sama-sama telah membaca gerak tumbuh para perempuan di setiap zaman. Kedua ikon ini telah mewakili semangat dan nafas zamannya masing-masing.

Akademi Kebudayaan Yogyakarta, sebuah kumpulan anak-anak muda yang menjadikan budaya sebagai sumber pengetahuan dan gerak tak terbatas, telah meluncurkan tiga kumpulan puisi dengan tajuk DIAN SASTRO FOR PRESIDENT!. Buku antologi puisi ini berisi puisi-puisi dari orang-orang biasa, anak-anak muda biasa yang memiliki ikon bintang pop masa kini. Buku antologi puisi ini telah terbit sebanyak tiga kali, yakni: •Dian Sastro for President! #1 yang terbit tahun 2002, •Dian Sastro for President #2: Reloaded terbit tahun 2003. •Dan yang terakhir, Dian Sastro for President #3: End of Trilogy yang merangkum 100 penyair dengan 200 puisinya. Buku ketiga ini terbit tahun 2005 dan merupakan akhir dari legenda kami dengan ikon Dian Sastrowardoyo.

Dalam rangka peluncuran buku kumpulan puisi tersebut, maka kami Akademi Kebudayaan Yogyakarta (AKY) hendak mengadakan sebuah acara yang merupakan gabungan antara performance dan pembacaan puisi karya penyair-penyair yang termuat dalam antologi ketiga Dian Sastro for President #3: End of Trilogy.

Acara ini bertujuan melihat bagaimana Kartini, yang akan kita peringati heroismenya pada tanggal 21 April, dan generasi Dian Sastrowardoyo menampilkan diri dalam gerak sejarah perempuan Indonesia.

Acara ini pun akan banyak menampilkan para penyair perempuan Yogyakarta yang telah memiliki hardline di dunia sastra Indonesia.

Acara ini akan kami laksanakan pada:

  • Hari, tanggal: Sabtu, 23 April 2005. Pukul: 19.00- selesai
  • Tempat: Pendopo INSIST, Blimbingsari CT IV/38 Yogyakarta 55281
  • Rangkaian  Acara: 1. Premiere film “Bukan Kartini: Kisah Perempuan-Perempuan Pasar” oleh Studio REaD | 2. Pembacaan dan musikalisasi puisi oleh Elisabeth Christine, Evi Idawati, Kathrin Bandel, Nur Waida, Endah SR, dan Panjul Handoko | 3. Music performance oleh Ria Keroncong.

Kami mengundang seluruh khalayak untuk datang di acara ini. Acara ini bersifat gratis.

Panitia | Astrid Reza Widjaja