Mengelola DAS (Daerah Aliran Sungai)

Mengelola DAS (Daerah Aliran Sungai)*

DEWASA ini desakan untuk menggunakan pendekatan baru dalam pengelolaan DAS semakin menguat, terutama pendekatan yang memperhatikan prinsip kelestarian dan kesetaraan distribusi hasil sumber daya alam. Hal itu disebabkan oleh penerapan pembangunan yang tidak berkelanjutan yang menyebabkan berkurangnya kemampuan sungai dalam mendukung kehidupan dan menyediakan sumber mata pencaharian bagi manusia. Di beberapa wilayah dunia seperti Asia, Afrika dan Amerika Latin, kemampuan sungai dalam menyediakan makanan, pemasukan, dan jaminan bagi kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai semakin lama semakin menurun.

Buku Pengelolaan Daerah Aliran Sungai : Sebuah Pendekatan Negosiasi merupakan buku yang menyajikan dan membicarakan beberapa pendekatan inovatif terhadap pengelolaan DAS. Melalui buku ini kita diajak untuk meninjau kembali berbagai konsep dan metodologi pengelolaan air yang diterapkan dewasa ini. Buku ini juga dapat membuka wacana keterlibatan para aktor lokal dalam pengelolaan air dan pembelajaran dari para aktor lokal bagi para pembuat kebijakan serta pihak lain yang berkepentingan dalam pengelolaan air.

Buku yang merupakan terjemahan dari “River Basin Management: A Negotiated Approach” ini merupakan hasil riset yang dikoordinasikan oleh Gomukh, India dan Both ENDS, Belanda, serta tujuh mitra organisasi dari beberapa wilayah dunia yang membagikan kasus mereka masing-masing. Analisa dan perbandingan tujuh studi kasus tersebut menghasilkan serangkaian kesimpulan atas kemungkinan pengelolaan DAS yang berbasis pada pandangan dan pengalaman lokal. Tujuh studi kasus tersebut juga menunjukkan bahwa keberhasilan pengelolaan DAS yang berbasis pada pandangan dan pengalaman lokal, yang sejauh ini dipandang sebagai percobaan atau kisah sukses, dapat diterapkan di seluruh dunia. [Pusat Data Redaksi Rakyat]*

*Sumber: Harian PIKIRAN RAKYAT – 12 Juli  2007.

Rehal buku: Pengelolaan Daerah Aliran Sungai: Sebuah Pendekatan Negosiasi/ Hardono Hadi & Henny Soelistyowati (penerjemah)/ INSISTPress , 2006.