Kupas Tuntas Soal Beras

Kupas Tuntas Soal Beras*

Beras adalah kehidupan, kebudayaan, dan kedaulatan. Beras menjadi komoditas yang sangat strategis sehingga mampu memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Hasil utama sektor pertanian tanaman pangan ini merupakan makanan pokok bagi sekitar 96 persen penduduk Indonesia. Setidaknya 13 produk turunan beras dapat dinikmati masyarakat.

Sebagai komoditas pokok, mau tidak mau kebutuhan beras harus terpenuhi. Sejauh kebutuhan pokok dapat terpenuhi, dinamika kehidupan masyarakat cenderung stabil. Tidak heran, ketika penguasa mampu mengontrol produksi beras, stabilitas politiknya akan terjaga.

Uraian lengkap seputar perberasan dalam buku karangan Khudori ini melengkapi belasan buku lain yang mengulas tentang beras. Secara komprehensif, penulis berupaya mengupas persoalan beras dari berbagai spektrum.

Kontroversi soal kebijakan impor beras juga disajikan cukup lengkap dalam bingkai politik beras di Indonesia. Sulit dipahami ketika pemerintah merilis data surplus produksi beras, pemerintah justru impor beras dengan volume lebih besar daripada surplusnya. Buku ini menjelaskan secara gamblang persoalan data dan fakta perberasan yang menggelitik ini. (ARI/Litbang Kompas)

*Sumber: Harian KOMPAS – Minggu, 24 Agustus 2008.

*Rehal buku: Ironi Negeri Beras/ Khudori/ INSISTPress, 2008.