Catatan Perjalanan yang Inspiratif

Catatan Perjalanan yang Inspiratif*

INILAH sebuah buku kumpulan catatan perjalanan yang boleh dibilang istimewa. Buku ketiga dari judul Menyusuri Lorong-Lorong Dunia Jilid 3 karya Sigit Susanto berhasil menyajikannya bak karya novel yang memikat.

Anda akan mendapatkan informasi detail dan lengkap mengenai negara-negara yang ia kunjungi. Satu hal lagi yang menarik dari karya seorang mantan pemandu wisata ini, yaitu kepiawaiannya memadukan referensi sastra dan politik dari setiap kisah petualangannya di negeri orang. Itu terutama dia tuangkan pada buku jilid 1 dan 2. “Posisi bukuku mencoba menambah perbendaharaan dunia yang belum digapai pembaca.” Di sinilah kepiawaian penulis dalam menuangkan pengalaman perjalanannya yang tidak kering dan tendensius. Bahkan dalam buku ketiganya ini, Sigit dengan cerdas mengajak penggemar jalan-jalan untuk menyukai sastra dan para penyuka sastra untuk gemar keluyuran.

Tak mengherankan, dalam mengurai kisah perjalanannya, Sigit berhasil membuat deskripsi suasana yang nyaman untuk diikuti. Detail peristiwa dan data yang dituangkan juga cukup informatif dan bisa menggugah pembaca untuk mengunjungi negara-negara yang ia kunjungi.

Di buku ini, ada 13 kisah yang disajikan Sigit secara menarik dari negara-negara yang dikunjunginya tersebut. Buku ini mungkin bisa menularkan virus menulis kepada para pembacanya mengenai kisah-kisah perjalanan yang pernah dilakukan.

*Sumber: Harian Media Indonesia – 28 Mei 2012.

*Rehal buku: Menyusuri Lorong-Lorong Dunia: Kumpulan Catatan Perjalanan Jilid 3/ Sigit Susanto/ INSISTPress, 2012.