Mau Berubah, Ya Bertindak!

Mau Berubah, Ya Bertindak! *

Problem kehidupan kita rasakan sangat besar. Itu yang membuat kita selalu pesimis kebaikan akan terwujud. Belum lagi kalau kita tambah dengan istilah-istilah seperti ruwet, semrawut, kusut dan seterusnya.

Tetapi di balik kesulitan selalu ada kemudahan. Itulah hukum alam. Maka dengan hadirnya buku ini, kita akan mendapatkan pencerahan karena pada akhirnya problematika besar dan sepertinya sulit diurai tersebut pada akhirnya bisa diubah.

Tindakan-tindakan Kecil Perlawanan adalah sebuah buku penting yang selain menginspirasi juga memandu kita untuk mengambil peran dalam pergerakan. Pergerakan juga bukan terpaku pada gerakan sosial model aktivis, melainkan pergerakan dalam pengertian luas. Buku ini bukan khas bukunya para aktivis pergerakan, walaupun dari tema memang sangat menarik bagi kaum pergerakan. Tetapi bagi siapa saja, -yang sekali lagi—menginginkan kehidupan lebih baik dengan percaya melalui tindakan/amal konkret, maka buku ini bisa menjadi pencerah pemikiran agar kita mau berpikir tentang kondisi di sekitar kita yang akan kita ubah.

Ada 80 kisah yang tertuang dalam buku ini mengisahkan gerakan sosial yang besar bahkan revolusioner itu pada mulanya dilakukan oleh segelintir orang. Bahkan inisiatornya dilakukan oleh individu yang kemudian ditangkap oleh beberapa orang terdekatnya, dan karena memiliki nilai sosial kemudian bertransformasi menjadi gerakan banyak orang.

Buku ini ditulis oleh Steve Crawswaw dan John Jackson. Steve adalah seorang pengarah advokasi dan Amnesty Internasional. Dari tahun 2002 sampai 2010, ia bekerja untuk urusan hak asasi manusia. Steve juga seorang wartawan berpengalaman yang menggeluti liputan-liputan konflik di berbagai negara. Sementara John Jackson juga seorang pegiat hak asasi manusia, peneliti daerah konflik di kawasan Asia Tenggara. Kedua penulis ini kompak menyajikan ulasan dengan memilih angle-angle yang penting sehingga pembaca akan merasakan manfaatnya secara efektif.

Dengan menyimak bagian-bagian substansialnya, kita akan diperkenalkan bahwa dalam hidup ini yang penting adalah inisiatif melakukan tindakan konkret, bukan sekadar memimpikan tetapi melupakan atau ketakutan mengambil sikap bertindak.

Pelajaran penting lainnya adalah, bahwa perubahan besar bagi masyarakat tidak dipegang oleh orang besar, melainkan oleh orang kecil yang memiliki kepekaan dalam merespon situasi, dan tidak banyak berpikir. Selagi merasakan hal itu harus dilakukan, maka ia lakukan tanpa banyak pertimbangan.

Dengan membaca buku ini, maka tergambar jelas bahwa memang perubahan dunia itu tidak bergantung pada status sosial tinggi atau nama besar, melainkan oleh tindakan yang pada saat itu berlangsung memang menjadi kebutuhan masyarakat. Karena itu pula wajar jika perubahan memang tidak akan bisa dilakukan oleh para elit politik atau profesor/doktor di kampus-kampus yang tidak melakukan apa-apa kecuali menjalankan perannya sebagai robot akademik.

Dalam pengantarnya, Roem Topatimasang menguraikan bahwa dalam buku kisah-kisah perlawanan yang dilakukan oleh rakyat awam, yang sering disepelekan sebagai ‘bukan siapa-siapa’ dan, karena itu, sering pula diabaikan dalam penulisan sejarah resmi atau dalam pemberitaan media arus utama. Pengabaian peran kaum jelata dalam penentuan arah sejarah inilah yang sering membuat kita keliru atau luput memahami fa’al (anatomi) yang sesungguhnya dari suatu proses perubahan: kekuatan-kekuatan murni apa saja yang menggerakkannya, sebab-sebab apa saja yang memunculkannya, dan prasyarat-prasyarat apa saja yang memungkinkannya?

Inilah barangkali sebuah buku yang amat penting dibaca oleh siapa saja, termasuk para pencandu internet yang kekurangan uang untuk liburan di akhir tahun ini tetapi ingin mengubah keadaan.

Maka barangkali,dengan tetap di laptop tetapi melakukan insiatif yang unik, menyimpang dan sesuai tuntutan mayoritas umat, barangkali perubahan besar di Indonesia akan segera terjadi dimulai akhir tahun ini.

Desember kelabu karena perilaku jelek elit politik barangkali menjadi alasan lahirnya tendangan “politik” ala “Drogba” sebagaimana diceritakan dalam buku ini yang mampu membuat kebaikan hidup warga Pantai Gading. [Nizar]\

*Sumber: Katakini.com – Desember 2015.

*Rehal buku: Tindakan-tindakan Kecil Perlawanan: Bagaimana Keberanian, Ketegaran dan Kecerdikan Dapat Mengubah Dunia/ Steve Crawshaw & John Jackson/ Roem Topatimasang (penerjemah)/ INSISTPress, 2015.